Nama Tarian Yogyakarta yang Cukup Populer. Kamu Wajib Tahu!

Nama Tarian Yogyakarta yang cukup banyak dikenal tentu tak lepas dari image kota ini yang sering disebut sebagai kota budaya, kota seni, kota pendidikan, kota wisata dsb. Ada banyak tarian khas Yogyakarta yang unik sehingga sering dijadikan sebagai sajian seni saat acara tertentu.

Nama tarian Yogyakarta yang cukup populer, kamu wajib tahu nih! Kenapa? Ya, Jogja sendiri kan kental dengan budaya Jawanya, tak terkecuali tariannya. Jadi, tak heran kan jika kesenian tradisional Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Asal Usul Tarian Jawa

Tarian Jawa dengan gerakan yang tenang, halus dan teratur tercipta dari pengaruh budaya Jawa. Biasanya tarian Jawa sendiri tak lepas dari budaya keraton Jawa yang halus dan anggun. Namun, ada pula inspirasi lainnya dimana tarian Jawa juga mencakup tari dari penduduk desa di Jawa maupun orang awam.

Tarian Jawa juga tak jarang menyentuh cerita wayang orang serta adat keraton Yogyakarta dan Surakarta. Sebagai warisan dari para penguasa keraton, tarian Jawa merupakan media untuk menyebarkan hal positif, seperti cerita kehidupan, pendidikan moral, ekspresi, maupun dalam rangka penyebaran budaya Jawa.

Oh ya, kamu sudah hafal belum tentang nama-nama tarian yogyakarta? Atau budaya apa saja sih yang menarik di Jogja? Mungkin kamu bisa cari referensinya di Google agar mendapatkan pencerahan sebelum liburan ke Jogja.

Makna Tarian Jawa sebagai Ekspresi Kebudayaan

Bagi masyarakat Jawa sendiri, tarian Jawa merupakan media untuk mengekspresikan kesetaraan gender. Tak hanya mengandung ekspresi kebudayaan, tarian ini juga menjadi warisan budaya dan pengetahuan terhadap nilai kehidupan.

Biasanya, tarian Jawa juga terkait dengan unsur meditatif, introspektif dan refleksi diri. Pergeseran nilai-nilai dalam perjalanan sejarah masyarakatnya juga tertuang dalam tarian Jawa. Itulah kenapa tarian Jawa atau pun nama tarian yogyakarta begitu sakral dan unik karena mengandung filosofi yang cukup kuat.

Mau tahu 3 tarian dari yogyakarta yang memiliki nilai filosofi tinggi? Sabar ya, setelah ini ada informasi yang cukup menarik.

Nama Tarian Yogyakarta yang Memiliki Nilai Tersendiri 

Untuk menambah pengetahuan tentang tarian Jawa, tak ada salahnya jika kita membahasa tiga jenis tarian yang cukup populer.

1. Tari Rara Ngigel

Seorang gadis yang sedang bertumbuh dewasa menjadi inti dari makna tarian yang berasal dari Yogyakarta ini. Tarian ini merupakan gabungan dari ciri khas kota Jogja yang lemah lembut dengan gerakan tegas dalam pertunjukannya.

Ditarikan oleh para wanita maupun dipasangkan dengan penari pria, busana yang dipakai pun terbilang unik, yaitu campuran dari adat Cina dengan budaya Jawa.

2. Tari Golek Menak

Tarian yang satu ini terinspirasi dari pertunjukan Wayang Golek Menak sehingga mulai dari alur cerita, busana, gerakan atau toko para penarinya juga menampilkan kekhasan Wayang Golek Menak.

Dengan nilai seni yang cukup tinggi, tarian ini sengaja dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX karena rasa kagumnya pada Wayang Golek Menak tersebut. Ada yang pernah menonton pertunjukannya?

3. Tari Kumbang

Tarian yang satu ini cukup romantis, baik cerita maupun penyajiannya. Tarian asal Jogja ini menceritakan tentang sepasang kumbang jantan dan betina yang terbang bersama dan hingga ke satu bunga dengan menghisap sarinya. Memadu kasih berdua, nuansa tarian yang romantis disajikan dengan sangat apik.

Selain tariannya, rumah adat yogyakarta, kuliner maupun kehidupan rajanya di Keraton Yogyakarta dinilai cukup unik di masa milenial seperti saat ini. Ya, walaupun modernisasi makin terasa, namun adat budaya asli di Jogja masih cukup kental dilestarikan oleh masyarakatnya.

Liburan Kurang Asyik Tanpa Menikmati Tarian Yogyakarta

Menikmati setiap sudut kota Jogja memang asyik. Bisa mengunjungi Keraton Jogja, Malioboro, naik becak, belanja batik atau menyantap kuliner di malam hari memang mengasyikkan. Tapi, jangan lewatkan juga menikmati seni tarinya karena Jogja sangat kental dengan budaya Jawanya.

Pagelaran wayang kulit di Museum Sonobudoyo, Sendratari Ramayana Prambanan atau beberapa pagelaran tari di Keraton Yogyakarta bisa kamu nikmati bersama keluarga. Nah, itulah nama tarian Yogyakarta yang cukup populer.

Kamu wajib tahu agar bisa merekomendasikan ini ke sahabat atau saudara saat liburan ke Jogja.

Happy holiday 🙂

10 Jenis Batik Jogja yang Bagus dan Punya Ciri Khas (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Close Wishlist
Close Recently Viewed
Categories
Chat Customer Service
FEATURED IMAGE RIANTY BATIK