Becak Jogja Memiliki Sejuta Pesona. Benarkah?

Becak Jogja memiliki sejuta pesona, apalagi bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke kota gudeg ini. Hayoo, tunjuk jari dong, siapa nih yang sudah pernah naik becak? Nah, pastinya asyik banget ya keliling Jogja naik angkutan tradisional ini.

Walaupun ojek online telah menjamur, namun becak tetaplah memberikan sensasi yang berbeda untuk para wisatawan. Ya, romantisme kota Jogja bisa dijelajah dengan perlahan sambil menikmati aneka obyek menarik dengan masyarakatnya yang penuh keramahan.

Itulah mengapa becak Jogja memiliki sejuta pesona. Benarkah begitu?

Apa itu Becak?    

Becak Jogja memang masih populer hingga saat ini. Menurut beberapa sumber, becak itu berasal dari bahasa Hokkien, yaitu “be chia” yang artinya kereta kuda. Becak sendiri bisa diartikan sebagai salah satu alat transportasi beroda tiga yang berkembang di Indonesia dan beberapa negara di Asia.

Becak memiliki kapasitas normal mengangkut dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Ada yang penasaran gak, kapan sih becak itu ada di Indonesia? Nah, menurut sejarah dari sebuah literatur, becak masuk ke Indonesia pertama kali pada awal abad ke-20.

Pada saat itu, becak dimanfaatkan untuk mengangkut barang pedagang Tionghoa. Tahun 1937, becak dikenal dengan nama “roda tiga” hingga akhirnya berubah menjadi nama betjak/betja/beetja di tahun 1940-an, saat moda transportasi ini digunakan sebagai kendaraan umum.

Pesona Becak Jogja di Malioboro

Suasana manis kota Yogyakarta memang selalu membuat rindu. Kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat untuk keliling naik becak Jogja ke Malioboro, Taman Sari, Museum Sonobudoyo, Keraton dan berbagai obyek menarik lainnya. Terbayang asyik ya?

Dengan transportasi becak, kamu akan merasakan sensasi menikmati hiruk-pikuk kota Jogja dengan suasananya yang menyenangkan. Apalagi saat bapak tukang becak mengayuh becaknya di area Malioboro, dijamin kamu akan takjub memandang ke kanan dan kiri sambil bersenda gurau bareng partner piknikmu.

Selain dikayuh, ada juga becak motor jogja (bentor) yang sudah lebih modern, dimana tenaga penggeraknya adalah mesin motor. Ada yang pernah naik bentor?

Kelebihan Becak Dibandingkan Transportasi Lainnya

Becak Jogja memiliki sejuta pesona. Benarkah? Ya, tak dapat dipungkiri, alat transportasi becak memang digemari oleh banyak orang. Nah, sekarangnya saatnya mengulik apa saja sih kelebihan becak dibanding dengan alat transportasi lainnya? Yuk kita baca dulu sebelum jalan-jalan naik becak 😀

1. Becak lebih Ramah Lingkungan

Nah, keunggulan becak yang sangat jelas terlihat adalah ramah lingkungan karena jelas tidak mendatangkan polusi. Kendaraan modern lainnya seperti mobil dan motor sudah tentu mengeluarkan asap sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan.

Jadi, beruntung ya kita masih bisa keliling kota naik becak di zaman ini?

2. Tarifnya Murah

Buat kamu yang penasaran dengan tarif becak Malioboro , kamu coba deh jalan-jalan ke Malioboro dan rasakan tawaran jasanya. Bapak becak bahkan tak jarang menawarkan keliling mulai dari 10-ribuan saja. Tentu saja, makin jauh rutenya, tarifnya akan semakin tinggi.

Dibanding biaya transportasi umum lainnya, becak bisa menjadi pilihan menarik ya?

3. Membuka Mata Pencaharian

Becak juga bisa mendatangkan rejeki bagi sebagian orang karena tak sedikit orang yang tertarik berprofesi sebagai penarik becak. Secara tak langsung, ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil.

Keliling Naik Becak Jogja, Yuk!

Gimana caranya sih kalau mau naik becak saat berada di Jogja? Jangan khawatir, di sepanjang jalan Malioboro ada banyak pengemudi becak yang berjejer, tak terkecuali delman yang sama-sama menawarkan transportasi tradisional.

Becak Jogja memiliki sejuta pesona. Benarkah? Ya, melihat berbagai keunggulannya, memang kita bisa sepakat dengan pernyataan tersebut. Apalagi bapak pengemudi becak biasanya dengan ramah akan menawarkan jasa layanan mengelilingi kota Jogja dengan harga bersahabat.

Becak Yogyakarta (IG @jogjaseni)

Untuk tempat yang akan dituju, kamu tinggal minta saja mau diantar ke mana, misal ke obyek wisata tertentu atau ke pusat oleh-oleh Jogja yang menawarkan aneka makanan khas Jogja. Hmmmm, asyik juga ya berkeliling Jogja naik becak?

Museum Dekat Malioboro yang Wajib Kamu Kunjungi!
Indahnya Pantai Parangtritis Saat Sunset, Siapkan Kamera Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories