Indahnya Pantai Parangtritis Saat Sunset, Siapkan Kamera Yuk!

Indahnya Pantai Parangtritis memang tak terelakkan. Siapa sih yang tak tahu pantai dengan banyak mitos ini? Ya, Parangtritis merupakan pantai yang indah dengan hamparan pasir yang lembut. Airnya yang jernih juga cukup menarik perhatian wisatawan yang berkunjung.

Selain untuk refreshing, pantai ini juga bermanfaat untuk healing bersama keluarga atau sahabat yang kamu cintai. Pokoknya, jika kerjaan kantor menumpuk, atau tugas-tugas kuliah sedang padat, liburan ke pantai adalah solusi untuk sejenak melepaskan beban.

Pantai Parangtritis menjadi salah satu pilihan obyek wisata alam untuk berlibur. Indahnya Pantai Parangtritis saat sunset, siapkan kamera yuk!

Dimana sih Lokasi Pantai Parangtritis?

Pantai yang populer karena legenda ratu pantai selatan ini terletak di sebelah Selatan kota Yogyakarta. Lokasi pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis ini, pengunjung bisa menempuh jarak kurang lebih 25 km dari keramaian pusat kota Yogyakarta.

Akses jalan yang memadai cukup mendukung para wisatawan yang ingin menjangkau lokasinya. Memiliki pemandangan yang indah dan eksotis, pengunjung bisa menikmati gemuruh ombak yang membuat pikiran menjadi tenang. Sunrise dan sunset pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Indahnya Pantai Parangtritis (IG @riyanti.eny_s)

Sejarah Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis memang memiliki banyak mitos sehingga tak sedikit orang yang menganggap pantai ini cukup sakral. Berbagai ritual sering dilakukan oleh masyarakat, baik lokal maupun yang jauh dengan beragam tujuan dan doa.

Dalam perjalanan sejarahnya, nama Parangtritis berasal dari dua kata, yaitu “Parang” dan “Tumaritis”. Kata Parang artinya batu dan Tumaritis artinya air menetes. Menurut cerita, nama ini muncul ketika seorang pangeran dari kerajaan Majapahit bernama Pangeran Dipokusumo ingin melakukan semedi.

Saat itu, ia menemukan air menetas dari karang hingga akhirnya diberi nama Parangtritis, nama pantai yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hingga kini, indahnya pantai Parangtritis sudah banyak dikenal wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Menikmati Indahnya Pantai Parangtritis, Berikut 5 Keunggulannya!

Menikmati indahnya Pantai Parangtritis tentu menjadi momen manis, apalagi bisa piknik bareng keluarga maupun sahabat. Bayangkan saja kalau kamu bisa duduk di hamparan pasir pantai, merasakan angin sepoi-sepoi sambil menikmati jagung bakar yang gurih  manis. Tentu indah bukan?

Untuk menikmati Pantai Parangtritis, tiket masuknya ternyata cukup terjangkau. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkirnya, untuk mobil adalah sebesar Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 3.000.

Sudah makin penasaran? Baiklah, saatnya kita mengulik keunggulan pantai Parangtritis yang membuatnya menjadi salah satu obyek wisata favorit para wisatawan.

1. Terdapat Gumuk Pasir

Cukup populer di Yogyakarta, pantai ini memang memiliki keunikan juga pemandangan yang cukup menarik. Adanya gunung-gunung pasir (gumuk pasir) di area pantai memperkuat daya tarik yang tak sedikit dimanfaatkan orang untuk mengambil foto atau video di area tersebut. Bahkan ini disebut-sebut sebagai gumur pasir satu-satunya di Asia Tenggara.

Gumuk Pasir Pantai Parangtritis (IG @da_collectionmanik2)

2. Bisa Terbang dengan Paralayang

Menjadi satu-satunya yang memiliki spot tandem paralayang di Jogja, pantai ini memang semakin menunjukkan kegagahannya. Pengunjung yang memiliki nyali kuat bisa terbang di atas pantai eksotik ini dari ketinggian 200 meter dari permukaan laut. Wow, kamu berani coba?

3. Touring Pantai dengan Kuda dan Bendi

Naik kuda yang akan membawa kita berkeliling di sekitaran pantai memang asyik ya. Dadakan kamu bisa menjadi koboi pantai yang melintas pantai Parangtritis. Selain itu, ada pula media transportasi lain yang akan membawa kita menyusuri permukaan pasir dengan kereta kuda roda dua yang sering disebut dengan bendi. Jangan lupa siapkan kameramu, ya!

4. Cobain Sensasi Naik ATV

Selain naik kuda, kamu juga bisa seru-seruan mengendarai ATV (All-terrain Vehicle) di pinggiran pantai. Motor roda empat yang bisa kamu bawa ke segala medan ini akan tampak gagah membawamu melintasi gundukan pasir pantai yang menghadang. Asyik banget ya!

5. Bermain Layang-layang

Pantas banget disebut sebagai obyek wisata keluarga karena pantai ini menawarkan permainan menarik, yaitu bermain layang-layang. Bedanya, layang-layang di tempat ini desainnya unik, dibentuk mirip ornamen binatang dan dengan aneka pilihan ukuran, mulai kecil hingga yang jumbo. Ada yang pernah memainkan layang-layang disini?

Menikmati sunset sebagai salah satu indahnya Pantai parangtritis (IG @rujidwardoyo)

Menikmati Sunset, Betapa Indahnya Pantai Parangtritis 

Asyik sekali ya bisa menciptakan momen berharga bersama orang-orang tersayang dengan menikmati indahnya pantai Parangtritis. Nah, setelah merasakan berbagai fasilitas wisata di atas, kamu bisa menepi sejenak di sore harinya.

Sembari sruput minuman hangat di pinggiran pantai, kamu bisa menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam secara perlahan dengan warna kuning kemerahan yang khas. Ya, karya ciptaan Tuhan yang satu ini memang istimewa.

Indahnya Pantai Parangtritis saat sunset, siapkan kamera yuk! Semoga liburanmu menyenangkan, ya.

Becak Jogja Memiliki Sejuta Pesona. Benarkah?
Naik Andong Yogyakarta Bisa Keliling Malioboro dan Sekitarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Close Wishlist
Close Recently Viewed
Categories
Chat Customer Service
FEATURED IMAGE RIANTY BATIK