Daerah Penghasil Batik yang Populer di Indonesia

Daerah penghasil batik di Indonesia ternyata menghasilkan banyak batik unik dan berkualitas. Ya, batik sendiri merupakan warisan seni budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Tak hanya di negara kita tercinta, batik ternyata juga populer hingga mancanegara.

Motif batik sendiri memiliki makna tertentu yang menunjukkan “karakteristik” dari mana batik tersebut dibuat. Jadi, daerah penghasil batik yang populer di Indonesia itu dimana saja sih? Baiklah, kita belajar satu per satu, yuk!

Daerah Penghasil Batik yang Populer di Indonesia

Batik Indonesia memang beraneka macam, bahkan setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Dimana saja sih daerah penghasil batik populer di Indonesia? Berikut informasinya.

1. Pekalongan

Jika ada yang bertanya, dimana sentra batik terbesar di Indonesia? Ya, jawabannya adalah Pekalongan. Salah satu ciri khas batik Pekalongan adalah motifnya yang bertema alam serta menggunakan warna-warna cerah.

Uniknya, batik yang berasal dari Pekalongan sering disebut sebagai batik pesisir karena lokasinya yang berada di pesisir Pulau Jawa. Museum khusus batik juga bisa kamu temukan di sini dan kamu bisa menikmati berbagai koleksi batik se-nusantara.

2. Madura

Daerah penghasil batik – Madura (pixabay.com)

Tak kalah dengan batik pekalongan, batik yang satu ini juga memiliki sebuah motif yang khas, yaitu motif Sekar Jagad yang sering digambarkan dengan burung dan ayam. Batik cantik ini didominasi warna biru tua, hijau, merah ataupun kuning.

Tak hanya itu, batik Madura juga cenderung membawa vibes berani serta dinamis. Oh ya, proses pembuatan batik Madura disebut dengan batik Gentongan karena pewarnaan batik dari ekstrak tumbuhan dimulai dengan merendam kain dalam wadah mirip gentong. Hebatnya, kekuatan warna batiknya bisa bertahan hingga puluhan tahun, loh!

3. Bali

Batik motif Barong (pixabay.com)

Selain dikenal sebagai destinasi tujuan turis untuk liburan, Pulau Dewata ini ternyata juga sebagai salah satu kota penghasil batik dengan beragam motif batik yang indah dan unik. Menghasilkan kain batik ikonik Indonesia, beberapa batik Bali tampak bermotif hewan, sesuai dengan kebudayaan Bali sendiri.

Beberapa motif batik yang dikenal banyak orang adalah batik motif buketan, motif Ulamsari Mas, motif merak abyorhokokai, motif singa barong dsb. Batik motif ini tampak laris-manis, baik di pasaran lokal maupun internasional. Wow, menarik ya?

4. Solo

Kota dengan julukan “the spirit of java” ini memiliki banyak koleksi batik bercorak panorama alam. Solo juga menjadi sentra penghasil batik terbesar setelah Pekalongan. Nah, menurut cerita yang beredar, batik berkembang di tempat ini lantaran masih dipengaruhi Kerajaan Majapahit Dan Kerajaan Mataram.

Beberapa motif batik Solo yang cukup populer adalah Sido Asih yang berarti keluhuran, Satrio wibowo yang berarti keindahan hidup di dunia dan sebagainya. Jadi, seasyik ini ya belajar batik nusantara?

5. Yogyakarta

Batik khas Yogyakarta juga menorehkan prestasi di kancah internasional. Jogja sendiri pernah mendapat gelar sebagai kota batik dunia oleh World Craft Council sehingga tak heran jika popularitas batik asal kota gudeg ini melejit hingga saat ini.

Acara temu Manten dengan batik Jogja (pixabay.com)

Variasi motif yang tampak jelas dari batik Jogja adalah sido mukti, gompol, wahyu tumurun cantel juga amiluto. Motif ini memiliki perannya masing-masing, misalnya motif amiluto dipakai pada acara pertunangan atau motif wahyu tumurun cantel digunakan pada acara temu manten.

Oh ya, Batik Yogyakarta biasanya didominasi dengan warna coklat, putih dan hitam.

Batik: Identitas Bangsa Indonesia  

Wow, ternyata ada 5 daerah penghasil batik terbesar di Indonesia. Batik memang membanggakan masyarakat Indonesia. Alasannya? Ya, karena UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) telah mengakui batik sebagai sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and the Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009.

Tak heran jika batik sering disebut sebagai identitas bangsa Indonesia, mengingat bahwa karya hasil perpaduan bidang seni dan teknologi ini telah populer di mata dunia dan hanya Indonesia yang menghasilkan karya originalnya.

Rekomendasi Tempat Belanja Batik Berkualitas

Setelah membaca ulasan tentang ‘daerah penghasil batik yang populer di Indonesia’ di atas jadi semakin paham ya bahwa batik Indonesia sungguh membanggakan. Oh ya, rekomendasi tempat untuk membeli kain atau baju batik yang bagus dimana ya?

Jangan khawatir, kamu bisa mengunjungi store Rianty Batik yang ada di Malioboro Jogja dan cabangnya di beberapa kota di Jawa. Tapi kalau tak sempat bepergian, kamu bisa memilih koleksinya di official web Rianty Batik dan barang akan langsung di kirim ke rumah kamu.

Bahan premium dan berkualitas, sudah banyak yang mencobanya. Happy shopping 🙂

7 Oleh-Oleh Yogyakarta yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Tips Memakai Batik Secara Casual agar Lebih Stylish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Close Wishlist
Close Recently Viewed
Categories
Chat Customer Service