Manfaat Batik bagi Masyarakat Millenial

Manfaat batik bagi masyarakat tentunya memberi kebanggaan tersendiri sebagai salah satu kebudayaan yang perlu dilestarikan. Melalui seni dan tradisi batik ini, Indonesia makin dikenal di kancah internasional.

Batik Indonesia makin melejit karena diproduksi menjadi outfit dengan desain eksklusif serta menyajikan motif batik yang memang unik. Tak heran ya jika batik sukses masuk ke pasar internasional dan memiliki banyak penggemar.

Inovasi Batik dari Masa ke Masa

Inovasi batik ternyata terus berjalan dari waktu ke waktu. Motif-motif baru bermunculan sehingga banyak kreasi produk baru yang disuguhkan kepada masyarakat. Penggunaan batik sendiri bisa disesuaikan menurut motif, warna maupun bahannya.

Banyak desainer muda yang memulai karier-nya dengan mengambil batik sebagai inspirasi pembuatan desain baju. Kreativitas mereka pada akhirnya banyak melahirkan aneka desain baju batik yang cukup elegan serta memenuhi tuntutan gaya hidup modern.

Setelah naik level menjadi bahan outfit, batik mulai dikembangkan lagi sebagai aksesori fashion dan perlengkapan sehari-hari. Aneka produk dengan motif batik yang kerap kita jumpai adalah sandal, kipas, tas, kantong ponsel, dompet dan yang sempat populer semenjak masa pandemi adalah masker.

Itulah bukti bahwa batik memang cukup akrab dengan keseharian kita.

Ternyata Membatik dapat Menekan Tingkat Depresi

Salah satu seni rupa atau lukis dengan medium malam yang dilukiskan di atas kain, itulah yang disebut dengan membatik. Tak hanya sebagai profesi, aktivitas membatik ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat depresi.

Kegiatan membatik ini memiliki memiliki latar belakang sejarah dan akar budaya Indonesia. Secara tak langsung, ini akan menghadirkan semangat nasionalisme yang dibalut dengan perasaan bahagia saat melakukannya.

Jadi, jika kamu atau orang-orang disekitar ada yang sedang mengalami depresi maupun kecemasan sosial, kegiatan membatik ini bisa dijadikan hiburan sekaligus refreshing dari segala rutinitas yang membosankan.

Manfaat Batik bagi Masyarakat (Doc. Rianty Batik)

Fungsi Batik bagi Masyarakat Indonesia

Nah, fungsi batik sendiri dibedakan menjadi dua macam, yaitu fungsi praktis dan fungsi estetis. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Praktis

Produk batik dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, itulah fungsi praktis dari kain batik. Sebagai contohnya adalah saat batik diproduksi menjadi pakaian atau aksesoris fashion yang dapat dipakai di berbagai acara dalam wujud pakaian kebaya adat jawa, jarik, selendang, kerudung, sarung dsb. Kain batik juga memiliki banyak manfaat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Fungsi Estetis

Untuk fungsi estetis dari kain batik sendiri bisa dimaknai bahwa batik berfungsi sebagai hiasan hingga simbol sosial dalam masyarakat. Hal ini mengacu pada keindahan yang terlukis dari setiap motif yang digambar. Fungsi estetis dari kain batik ini bisa dilihat pada beberapa barang yang sering kita temukan di rumah, seperti gorden, hiasan dinding, taplak meja dsb.

***

Kain batik sendiri dibuat dengan beragam teknik dan kesulitan. Semakin tinggi tingkat kesulitan dan rumit proses pembuatannya, maka semakin tinggi nilai (value) dari kain batik tersebut. Oleh karenanya, tak heran jika harga batik tulis cenderung mahal karena prosesnya yang tak mudah.

Kain batik di Indonesia memang beragam, apalagi setiap daerah memiliki motif dengan ciri khasnya masing-masing. Beberapa daerah penghasil batik di Indonesia adalah Magetan, Cirebon, Pekalongan, Ternate, Rembang, Bali, Maluku Utara, Solo dan Yogyakarta.

7 Keunikan Jogja yang Membuat Banyak Orang Rindu!
Kolaborasi Rianty Batik dan Billy Production pada Fashion Show “Hari Batik Nasional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories