Festival Tahunan Yogyakarta ini Selalu Ramai Pengunjung!

Festival tahunan Yogyakarta menjadi event yang selalu ditunggu-tunggu. Ya, baik masyarakat lokal maupun wisatawan memang gemar menikmati aneka sajian kesenian yang disuguhkan oleh kota budaya ini. Jogja memang kota yang kaya dengan festival menarik sehingga setiap wisatawan merasa termanjakan.

Acara apa saja sih yang menghias kota Jogja setiap tahunnya? Yuk Seseruan bareng di sini!

Festival Tahunan Yogyakarta Menghadirkan Daya Tarik

Berbagai macam acara tahunan, baik tradisional maupun modern yang ada di Jogja selalu yang dikemas dengan apik dan menarik. Daya tarik dari sebagian besar festival ini adalah karena dibuka untuk umum dan tanpa pungutan biaya apa pun alias gratis.

Kota Jogja memang penuh keunikan dan kaya akan seni budaya yang takkan lekang ditelan waktu. Selain memiliki aneka obyek wisata yang keren, wisatawan juga bisa merasakan keseruan saat menikmati aneka festival tahunan Yogyakarta yang unik dan keren.

Yuk Ramaikan 7  Festival Tahunan Yogyakarta ini!

Sambil liburan di Jogja, kamu tak boleh melewatkan festival tahunan Yogyakarta yang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang ini. Apa saja itu?

1. FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA (FKY)

Festival Kesenian Yogyakarta (sumber: Balipost.com)

Festival Kesenian Yogyakarta adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY. Nah, tujuan diselenggarakan festival ini adalah untuk menjaga kelestarian tradisi masyarakat Jogja. Setiap tahunnya selalu dipadati pengunjung, termasuk para pelancong yang ingin merasakan kesenian Jogja dari sisi yang berbeda.

Festival Budaya Yogyakarta menyuguhkan acara yang istimewa, dimana rangkaian kegiatannya adalah meliputi pemutaran film, pentas seni bahkan pasar kangen yang menawarkan barang-barang jadul sambil bernostalgia tentang masa lampau.

2. LIGHT FESTIVAL YOGYAKARTA

Light Festival Yogyakarta adalah event yang diadakan saat akhir tahun, dimana aneka lampu warna-warni bisa kamu nikmati di area Kaliurang, Jogja. Selain menyaksikan hamparan lampu warna-warni dengan tema spesial di tiap tahunnya, aneka jajanan nikmat juga bisa kamu icip di area kawasan puncaknya Jogja ini.

Apalagi jika disemarakkan dengan dancing fountain, suasana akan makin meriah dan mengagumkan!

3. NGAYOGJAZZ

Festival tahunan Yogyakarta ngayogjazz (@ngayogjazz)

Ngayogjazz adalah event musik yang diramaikan oleh para musisi jazz tanah air selama sehari semalam. Keunikan dari event ini adalah diadakan di venue-venue yang tak biasa, misalnya di area pedesaan dan pengisi acaranya pun akan diinfokan hanya beberapa waktu menjelang event. Jadi, memang banyak kejutan yang diberikan.

Aneka dekorasi kreatif selalu disajikan selama event, terlebih jajanan yang dijual oleh pihak sponsor serta masyarakat lokal. Acara gratis ini selalu ditunggu banyak orang setiap tahunnya, dan sejak tahun 2014 panitia menyediakan shuttlebus gratis bagi para pelancong yang ingin datang meramaikan.

4. FESTIVAL GAMELAN YOGYAKARTA

Festival Gamelan Yogyakarta adalah event kesenian yang diwarnai oleh penampilan memukau dari grup-grup gamelan yang sudah profesional. Disajikan dengan gaya modern, penonton akan menemukan penabuh gamelan yang tak biasa, yaitu bule-bule yang cukup lihai memainkannya. Festival Gamelan Yogyakarta diadakan oleh UGM dengan kreativitas yang unik setiap tahunnya. Festival Jogja Hari ini dan yang hadir di setiap tahunnya memang istimewa ya!

5. SEKATEN DAN GREBEG MAULID

Festival tahunan Yogyakarta Sekaten (orami.co.id)

Sekaten adalah pesta rakyat yang diselenggarakan oleh Keraton Kesultanan Yogyakarta untuk merayakan maulid. Event ini berkar dari pesta rakyat dan selamatan yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta pada masa lampau. Puncak dari pesta ini adalah Grebeg Maulid, yaitu acara syukuran yang diadakan oleh Keraton Yogyakarta dengan membuat gunungan-gunungan berkat di hari maulid nabi.

Beragam hiburan menarik bisa dinikmati di pesta rakyat ini, seperti aneka hiburan menarik, Puluhan stand kuliner yang menawarkan aneka jajanan murah meriah, peralatan rumah dan dapur, sovenir dan aneka permainan ala pasar malam yang selalu membuat rindu. Walaupun di beberapa waktu terakhir ada pemindahan lokasi event, namun antusias pengunjung tetaplah tinggi.

6. MANTEN TEBU

Manten tebu adalah event yang diadakan oleh Pabrik Gula Madukismo untuk menikahkan sepasang batang tebu layaknya pengantin manusia. Uniknya, kedua batang tebu ini akan dirias layaknya manusia, kemudian diarak keliling sekitar kompleks pabrik bersama ratusan warga dengan pakaian adat yang unik.

Event ini biasanya diadakan menjelang musim giling tebu (bulan April) dan kedua “mempelai” akan digiling sebagai tanda dimulainya musim giling di tahun tersebut. Wah, unik ya 🙂

7. PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta adalah event menarik yang digagas oleh masyarakat etnis Tionghoa yang tinggal di provinsi DIY sejak tahun 2006. Event yang selalu diramaikan dengan warna merah ini mengawali perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang diadakan di Kampung Ketandan yang dikenal sebagai daerah pecinan di timur Jalan Malioboro.

Daya tarik event ini adalah pentas seni seperti Barongsai, Liong, wayang, aneka dekorasi serta jajanan khas Tiongkok yang sangat menggugah selera.

Festival tahunan Yogyakarta Mana yang Kamu Sukai?

Itulah beberapa event tahunan yang bisa menjadi referensi untuk mengisi hari-harimu di momen tertentu. Tentu saja, event ini sifatnya gratis sehingga kamu bisa bebas mendatanginya dan menikmati berbagai suguhan seni & budaya yang menarik.

Festival tahunan Yogyakarta selalu ditunggu-tunggu. Selamat menikmati 🙂

Pemilihan Putera-Puteri Rianty Batik 2022, Siapakah yang akan jadi Pemenangnya?
Baju Nonton Konser yang Nyaman dan Stylish buat Kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories