7 Tempat Wisata di Jogja Yang Tidak Boleh di Lewatkan

Tempat-tempat wisata yang ada di Jogjakarta, dari yang berlokasi di tengah kota Jogja sampai ke tepi pantainya yang terkenal dan cocok untuk dikunjungi sebagai tempat belajar ataupun liburan. Berikut beberapa tempat wisata yang populer di Yogyakarta.

1. Taman Sari

Taman Sari terdiri dari beberapa bagian, antara lain area kolam renang dan kolam loteng yang digunakan sebagai tempat pemandian anggota keluarga kerajaan, serta berbagai bangunan yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan pertemuan. Kini Taman Sari menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Yogyakarta. Pengunjung dapat menjelajahi berbagai bagian Taman Sari, termasuk ruang bawah tanah yang sebelumnya digunakan sebagai gudang senjata dan tempat berlindung rakyat zaman dahulu.

Alamat : Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Jam Operasional : 09.00 – 15.00 WIB

2. Keraton

Keraton merupakan tempat tinggal keluarga Sultan Hamengkubuwono X dan juga tempat sultan dan para pengikutnya memimpin dan mengatur kehidupan sosial politik kerajaan Yogyakarta. Selain menjadi tempat tinggal dan tempat kerja Sultan, Keraton Yogyakarta juga digunakan sebagai pusat kebudayaan dan kesenian tradisional Jawa seperti pertunjukan tari, wayang kulit dan gamelan. Pengunjung dapat mengunjungi Keraton Yogyakarta dan melihat kehidupan keraton, mengamati berbagai peralatan kerajaan dan menikmati keindahan arsitektur tradisional Jawa.

Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Operasional : 08.00-14.00 WIB

3. Malioboro

Malioboro terkenal dengan jalanannya yang ramai, banyak toko yang menjual suvenir dan kerajinan tangan, serta berbagai kuliner khas daerah Yogyakarta. Malioboro juga merupakan pusat perbelanjaan dan tempat wisata di Yogyakarta yang populer dan tempat wisata yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Disekitar Malioboro juga terdapat pasar tradisional yang sangat terkenal yaitu pasar bringharjo dan juga ada kampung ketandan.

Alamat : Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Benteng Vredeburg

Benteng  Vredeburg  awalnya dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda sebagai benteng  pertahanan untuk mengamankan wilayah pusat pemerintahan kolonial Jawa. Saat ini, Benteng Vredeburg  berfungsi sebagai museum sejarah dan  tujuan wisata yang populer. Di dalam museum terdapat koleksi artefak sejarah yang berkaitan dengan sejarah Indonesia dan Yogyakarta dari zaman penjajahan Belanda dan perjuangan kemerdekaan. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan berbagai layanan kompleks Benteng Vredeburg, antara lain perpustakaan, teater, dan kafe.

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Jam Operasional : hari senin libur, selasa-minggu buka dari jam 08.00-15.00 WIB

5. Alun-Alun Selatan

Alun-alun ini memiliki sejarah dan mitos yang menarik, masyarakat setempat menganggap alun-alun ini sebagai pusat spiritual yang konon memiliki kekuatan mistis yang dapat membawa keberuntungan bagi semua orang di sana. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas menarik, salah satu kegiatan paling populer adalah berjalan melewati 2 pohon beringin yang berada di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Yogyakarta yang bisa ditemukan di sekitar alun-alun. Di malam hari, alun-alun ini juga menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati suasana kota Yogyakarta yang unik.

Alamat : Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55133

6. Titik 0 KM

Titik 0 KM Yogyakarta merupakan tempat yang menjadi titik acuan pusat kota Yogyakarta. Dalam jarak sekitar satu kilometer terdapat beberapa tempat umum dan wisata yang dapat dikunjungi pengunjung, antara lain pusat perbelanjaan, restoran, museum, dan situs sejarah seperti Benteng Vredeburg , Bank Indonesia, dan Keraton Yogyakarta. Di 0 KM Yogyakarta, pengunjung juga dapat menikmati suasana khas Yogyakarta dan menjelajahi keindahan kota ini.

Alamat : Jl. Panembahan Senopati, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan  candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 17 kilometer sebelah timur kota Yogyakarta dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu dan Candi Brahma beserta candi-candi lain yang ukurannya lebih kecil dari pada candi utamanya. Candi Prambanan terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan rumit, dengan relief yang menggambarkan cerita dari mitologi Hindu. Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia sebagai simbol kebesaran peradaban Hindu masa lalu

Alamat : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
Jam Operasional : 06.00-17.00 WIB

7 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Wisata Ke Malioboro
7 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Wisata ke Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories