7 Jenis Batik Populer

Batik adalah seni tradisional yang khas dari Indonesia, di mana kainnya dihiasi dengan pola-pola cantik yang dihasilkan melalui teknik pewarnaan dan penutupan motif dengan malam lilin. Batik memiliki keindahan yang unik dan rumit dalam setiap pola dan warnanya, mencerminkan kekayaan budaya dan kerajinan tangan yang mendalam. Setiap helai batik menceritakan kisah tentang sejarah, nilai-nilai, dan motif-motif tradisional yang melekat dalam budaya Indonesia, menjadikannya sebagai warisan yang sangat berharga. Ketelitian dan keahlian yang diperlukan untuk menciptakan batik menjadikannya sebagai bentuk seni yang menggabungkan kreativitas, kerajinan tangan, dan warisan budaya, sehingga menghasilkan karya yang anggun.

1. Batik Parang

Batik Parang merupakan motif batik yang memiliki pola bergelombang seperti parang atau golok. Motif ini melambangkan keberanian dan kekuatan, sering digunakan dalam upacara adat Jawa. Batik Parang memiliki daya tarik estetika yang kuat dan memberikan kesan elegan pada pakaian atau kain yang dihiasinya.

2. Batik Kawung

Motif batik Kawung memiliki bentuk bulat seperti buah kawung, yang melambangkan kesuburan dan kehidupan yang makmur. Motif ini sering digunakan dalam busana tradisional Jawa dan memberikan kesan yang anggun dan simbolis.

3. Batik Sogan

Batik Sogan adalah jenis batik yang menggunakan warna dasar cokelat kemerahan. Warna yang khas ini berasal dari pewarna alami yang terbuat dari kayu Secang. Batik Sogan umumnya memiliki motif-motif tradisional Jawa yang elegan dan memancarkan nuansa klasik.

4. Batik Lereng

Batik Lereng merupakan motif batik yang terinspirasi oleh alam, seperti gunung, sawah, atau pegunungan. Motif ini memberikan kesan alami dan menyegarkan dengan warna-warna cerah dan komposisi yang dinamis.

5. Batik Sidomukti

Batik Sidomukti adalah jenis batik yang memiliki pola geometris berbentuk segi empat atau segi delapan. Motif ini mencerminkan keindahan alam dan bunga-bunga yang tumbuh subur. Batik Sidomukti memberikan kesan yang elegan dan indah pada pakaian atau kain yang dihiasi dengan motif ini.

6. Batik Mega Mendung

Batik Mega Mendung adalah jenis batik yang terinspirasi oleh awan mendung yang tebal. Motifnya terdiri dari pola berbentuk awan atau mega yang terlihat seperti kumulus. Batik Mega Mendung memberikan kesan yang dramatis dan artistik pada kain atau pakaian yang dihiasi dengan motif ini.

7. Batik Truntum

Motif batik Truntum memiliki pola berupa bunga yang ditata dalam susunan simetris. Motif ini melambangkan cinta dan kasih sayang. Batik Truntum memberikan kesan yang romantis dan indah pada pakaian atau kain yang dihiasi dengan motif ini.

Kain Batik merupakan salah satu kerajinan seni khas Yogyakarta indah. Batik banyak digunakan untuk pakaian tetapi tidak hanya untuk pakaian saja, melainkan untukkerajinan tas, lukisan dan banyak lainnya.  Untuk koleksi batik, kalian bisa mengunjungi  Riyanti Batik di websitenya (https://www.riantybatik.co.id/) disini kalian bisa mencari dan melihat dari bergabagi jenis batik dan bahan yang digunakan yang sesuai dengan keinginan kalian. Atau kalian juga bisa menghubungi via whatsapp di (+62 896-3363-0671)

 

 

Yabes-UKDW’18

7 Ide Pre Wedding di Malioboro Kekinian
7 Ide Oleh-oleh dari Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories