7 Kuliner Wajib di Jogja

Kuliner Jogja adalah paduan sempurna dari cita rasa yang autentik dan keanekaragaman bahan makanan yang khas. Dari Gudeg yang terkenal, dengan nangka muda yang dimasak dalam kuah santan yang kaya rempah. Selain itu, jangan lewatkan juga makanan seperti Sate Klathak, yang terbuat dari daging sapi yang lembut dan bumbu yang menggugah selera, serta mie ayam, yang disajikan dengan kuah gurih dan topping ayam yang lezat. Jogja juga terkenal dengan warung-warung makanan jalanan yang menawarkan hidangan murah meriah seperti nasi kucing, gudeg, dan sate. Kuliner Jogja tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang kaya dan mengundang wisatawan untuk merasakan kelezatan dan keramahan khas daerah tersebut.

1. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Rasanya manis, gurih, dan lezat. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, tahu, dan sambal krecek.

2. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah mie khas Jawa yang memiliki rasa yang khas dan kuah yang gurih. Mie ini biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, pangsit, tauge, dan bumbu khas Jawa seperti kecap manis dan bawang goreng.

3. Sate Klathak

Sate Klathak adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang dipanggang dengan arang kayu klathak. Dagingnya empuk dan aromanya harum. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang, lontong, dan irisan ketimun.

4. Ayam Goreng Kalasan

Ayam Goreng Kalasan adalah ayam yang dimasak dengan bumbu khas Kalasan, yaitu bawang merah, bawang putih, serai, dan gula merah. Ayamnya gurih, manis, dan renyah. Biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan.

5. Sate Buntel

Sate Buntel adalah sate yang terbuat dari daging sapi cincang yang dibalut dengan lemak dan dibakar hingga matang. Sate ini memiliki tekstur yang lembut dan gurih, disajikan dengan bumbu kacang, lontong, dan irisan ketimun.

6. Es Krim Pak Pong

Es Krim Pak Pong adalah es krim legendaris di Jogja yang terkenal dengan rasa khasnya. Es krim ini memiliki berbagai varian rasa seperti durian, cokelat, stroberi, dan banyak lagi. Rasanya lezat dan segar, cocok untuk menyejukkan tenggorokan di cuaca yang panas.

7. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih adalah minuman tradisional yang terbuat dari santan, gula merah, tepung beras, dan dawet (jelly khas Jawa). Rasanya manis dan segar, cocok untuk dinikmati sebagai penutup setelah makan.

 

 

Yabes-UKDW’18

7 Lokasi Ngonten di Yogyakarta
7 Kuliner Wajib di Malioboro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories