Wisata Jogja Terhits yang harus Kamu Datangi!

Wisata Jogja terhitsĀ memang banyak diburu oleh banyak pelancong dari berbagai daerah. Ya, ini tak lain karena Jogja memiliki banyak keindahan yang penuh dengan daya tarik wisata. Plesir alias dolan ke Jogja memang menjadi momen menyenangkan bagi banyak orang.

Selain memiliki banyak wisata alam yang indah, kamu juga bisa menikmati senja di beberapa pantai di Jogja yang akan memberi kenangan tak terlupakan. Tak hanya itu, area pedestrian Malioboro yang kini bersih membuat liburanmu makin hangat dan menyenangkan.

ā€œMusisi jalanan mulai beraksiā€¦..seiring laraku, kehilanganmuā€¦.ā€,Ā sepenggal lirik lagu dari Kla Project berjudul ā€œYogyakartaā€ ini cukup membuat kita bernostalgia tentang hiruk-pikuk kota Jogja. Nah, saatnya kamu tahu wisata Jogja terhits yang harus kamu datangi.

Jogja memiliki Sejarah Menarik

Suasana hangat di angkringan menjadi menjadiĀ iconĀ dari kota bersejarah ini. Melihat banyak bangunan bersejarah di kota ini sudah cukup memberikan bukti bahwa Jogja memiliki cerita perjalanan yang cukup kuat dari waktu ke waktu.

Hingga saat ini, Jogja masih mempertahankan konsep tradisional dan budaya Jawa. Menurut sejarah yang beredar, berdirinya kota Jogja diawali dengan Perjanjian Gianti pada tanggal 13 Februari 1755. Nah, isi perjanjian tersebut adalah bahwa Negara Mataram dibagi 2, yaitu setengah bagian menjadi Hak Kerajaan Surakarta dan setengahnya lagi menjadi Hak Pangeran Mangkubumi.

Dalam perjanjian tersebut, Pengeran Mangkubumi diakui menjadi Raja dengan Gelar Sultan Hamengku Buwono Senopati Ing Alega Abdul Rachman Sayidin Panatagama Khalifatullah. Nah, hingga tahun 2022, gelar ini telah sampai pada Sri Sultan Hamengkubawana X.

Sejarah kota Yogyakarta (sumber: IG @prioutomo_sketcher)

Alasan Jogja Diburu Wisatawan

Eksplor kotaĀ JogjaĀ memang menjadi pengalaman menarik selama berlibur di kota wisata ini. Andai kamu sempat mengunjungi Malioboro yang digadang-gadang wisatawan sebagai wisata Jogja terhits, akan lebih asyik jika kamu menikmatinya dengan berjalan kaki.

Inilah alasan mengapa Jogja diburu banyak wisatawan, tak lain karena warganya ramah dan murah senyum. Selain itu, biaya untuk jajan kulineran juga cukup aman di kantong sehingga banyak wisatawan yang betahĀ long stayĀ di Jogja.

Destinasi wisata yang cukup banyak juga memberi referensi wisata yang asyik, bahkan moda transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja naik becak, andong, bus, motor, maupun mobil sewaan.

Inilah Wisata Jogja Terhits yang Wajib Kamu Datangi!

Nah, saatnya kita mengunjungi destinasi wisata Jogja yang indah, menarik dan tentunya akan memberikan pengalaman manis untuk kamu dan keluarga. Sudah siap? Yuk kita kunjungi satu per satu.

1. Pantai Parangtritis

Wisata Jogja terhits ā€“ Pantai Parangtritis (sumber: IG @tiakancil028)

Pantai hits di kota gudeg ini terletak 27 km selatan dari Kota Jogja dan mudah dicapai dengan transportasi umum. Tentu saja, pemandangan pantai indah ini cukup menjadi daya tarik bagi mereka yang travelling ke Jogja. MenikmatiĀ sunsetĀ atau matahari terbenam adalah momen mengasyikkan saat berkunjung ke pantai ini.

Oh ya, kamu juga bisa menikmati wisata kulinernya yang tak kalah asyik, yaitu peyek jingking dan aneka olahan ikan yang bisa langsung dinikmati di sana. Festival layang-layang juga sering diadakan di pantai ini, loh. Asyik yaĀ šŸ™‚

2. Bukit Bintang

Bukit Bintang (sumber: IG @halamanjogja)

Nah, kalau yang satu ini merupakan salah satu destinasi wisata malam di kota Jogja. Bukit Bintang menyajikan pemandangan gemerlap lampu yang indah di area jalan utama Yogyakarta ā€“ Wonosari. Menghabiskan malam di sini akan memberikan pengalaman asyik karena wsiatawan bisa menikmati pemandangan kota dari atas awan, disamping icip-icip kulinernya yang beraneka ragam.

3. Pinus Pengger

Wisata Jogja terhits ā€“ Pinus Pengger (sumebr: IG @intanwidyananda)

Ada yang sudah mengunjungi wisata hutan pinus di Jogja? Salah satu yang menarik perhatian banyak orang adalah kawasan wisata Pinus Pengger, Bantul. Termasuk salah satu wisata malam di Jogja, tempat ini memberikan banyak spot foto dengan latar lampu kota yang indah.

Nah, satu yang cukup viral di media sosial adalah spot dari susunan ranting pohon dengan bentukĀ love, bulat, segitiga dll. Berbagai fasilitasĀ outbondĀ juga tersedia disini, sepertiĀ camping ground,Ā sepeda hutan,Ā flying foxĀ hingga jelajah alam.

4. Tebing Breksi

Wisata Terhits Jogja Tebing Breksi (sumber: IG @ima_moth.0701)

Salah satu tempat wisata yang unik dengan ukiran tebing yang indah adalah Tebing Breksi. Dengan menempuh perjalanan sekitar 17 km dari kota Jogja, Tebing Breksi memberikan pengalaman berwisata yang beda dari biasanya.

Berbagai spot foto menarik bisa ditemukan di sini, misalnya di bawah tebing, di atas tebing, di spot anak tangga yang cukup banyak bahkan tak sedikit orang yang menjadikan area ini sebagai lokasiĀ photoshoot.Ā Wow, asyik yaĀ šŸ˜€

5. Goa Pindul

Inilah Wisata Goa Pindul yang menyenangkan (Sumber: IG @cave_tubing_goapindul)

Ini adalah salah satu wisata Jogja di Gunung Kidul yang cukup populer. Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang hijau, sejuk bahkan jauh dari kebisingan kota. Goa Pindul menjadi wisata tujuan banyak orang karena memfasilitasi wahana permainan yang asyik, yaitu menyusuri goa dengan ban pelampung.

Memakan waktu kurang lebih satu jam, wisata Goa pindul memberikan pengalaman menakjubkan untuk aktivitasĀ outbondĀ yang sesungguhnya. Sudah siap menjelajah sungai bareng teman-temanmu?

Jangan Lupa Belanja Oleh-oleh di Malioboro

Nah, usai menikmati keindahan alam wisata Jogja, kamu bisa mengakhiri perjalananmu dengan belanja oleh-oleh khas Jogja. Nah, ada banyak referensi tempat belanja di area Malioboro yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu pusat belanja yang hits banget adalahĀ Pasar BeringharjoĀ yang menjual aneka produk menarik, mulai dariĀ fashionĀ hingga pernak-pernik. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke storeĀ Rianty BatikĀ untuk belanja batik berkualitas atau ke Jogja Pasaraya yang merupakan pusat oleh-oleh Jogja terlengkap.

Udah tahu kan wisata Jogja terhits yang harus kamu datangi? Yuk rencanakan wisatamu ke JogjaĀ šŸ˜€

Teras Malioboro Jogja, Inilah 3 Keunggulan Belanja Di sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

My Cart
Wishlist
Recently Viewed
Categories